Kedongdong cina, dijadikan lalapan dan sumber penghasilan

 

Kedongdong cina sudah ada sejak lama, entah dari mana sebutan tersebut saya tidak tahu. Asal muasal tanamannya pun saya tidak tahu juga. Yang pasti sejak kecil saya selalu menjadikan daunnya sebagai lalapan. Bisa dengan sambal atau disayur. Rasanya renyah dan enak.

 Kedongdong cina mudah tumbuh, untuk menanamnya sangat mudah. Tinggal potong pohonnya kemudian tancapkan ke tanah. Untuk ukurannya saya merekomendasikan 10-15 cm. Selain itu kedongdong cina juga bisa dijual. Pohonnya selalu ada yang mencari. Harga ditentukan berdasarkan jumlah cabang pohon. 

Sering datang ketempat saya orang dari Jakarta membeli dengan harga Rp.1000/cabang pohon. Tetangga saya punya kebunnya, sekali panen bisa meraup untung jutaan. Biasanya datang setahun sekali, bisa juga datang kalau barangnya ada, tentunya dalam jumlah yang banyak.

Demikian tentang kedongdong cina yang bisa dimakan dan bisa menjadi sumber penghasilan. Mungkin masih ada manfaat lainnya yang belum ditemukan.

Semoga bermanfaat.

You Tube 👉 Keindahan Alam 444 Channel

Fanspage 👉 Keindahan Alam 444

Kembali ke BERANDA


Lihat juga 👉 Resep Sambal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai KARANG HAWU PELABUHANRATU

Apakah di gunung ada sawah? Ini jawabannya

Bunga mawar dijadikan farpum dan kuliner

Daun cabai mengobati Luka dengan cepat! INI CARANYA

Panen REBUNG atau IWUNG dilahan yang miring

Pohon durian keropos dijadikan kayu bakar

Menanam jeruk hasil cangkokan